Wednesday 11 January 2006

Menjelajah Negeri Karl May

Judul : Menjelajah Negeri Karl May
Penulis : Pandu Ganesa
Penerbit : Pustaka Primatama
Cetakan : 2004
Tebal : 216 hal. + xxviii

Menulis sebuah karangan tentang Karl May adalah suatu hal yang mudah. Teramat mudah malah! Ada ratusan atau mungkin ribuan artikel baik yang ringan maupun ilmiah yang siap dilahap di dunia maya internet. Tersedia pula puluhan atau mungkin ratusan buku tentang Karl May yang sudah pernah ditulis. Sayang, hampir semuanya dalam bahasa Jerman. Namun ketika harus menulis untuk konsumsi publik Indonesia dan harus mengindonesia, persoalan pun muncul. Nyaris tidak ada data! (hal xvii)

Buku ini jelas mencoba menjawab tantangan diatas, minimnya tulisan mengenai Karl May yang pernah mengalami masa jaya di Indonesia beberapa puluh tahun yang lampau membuat penulis buku ini tergerak untuk membuat sebuah buku mengenai Karl May dan dunianya khusus untuk konsumsi pembaca dan penggemar Karl May di Indonesia.

Buku ini ditulis oleh Pandu Ganesa, seorang Karl Mayist yang telah berhasil mem'bangun'kan kembali karya-karya Karl May di Indonesia dari tidur yang sangat panjang. Karl May pernah begitu populer di Indonesia di era 50-60an namun semenjak tahun 90- an namanya nyaris tak terdengar dalam kahazanah pustaka Indonesia , barulah di tahun 2003 atas prakarsa Pandu Ganesa dan Paguyuban Karl May Indonesia (PKMI) & Penerbit Pustaka Primatama, karya-karya Karl May kembali bermunculan menyusul diterbitkannya kembali karya-karya Karl May yang langsung diterjemahkan dari sumber aslinya (Jerman) secara utuh.

Buku yang dikata pengantari oleh salah seorang penulis terkemuka Seno Gumira Ajidarma ini terbagi dalam sebelas bagian dan empat buah apendiks yang diawali dengan bagian "Karl May Riwayatmu Kini" yang membahas keberadaan karya-karya Karl May di masa kini dimana buku-buku dan ulasan ttg Karl May masih terus diterbitkan dan dibaca orang di berbagai negara. Di bagian kedua disajikan biografi singkat Karl May yang dilahirkan dari keluarga miskin dan sosok Karl May muda yang sakit-sakitan dan pernah masuk penjara karena kejahatannya, dan bagaimana ternyata dalam penjara inilah lahir karya-karya besarnya. Selanjutnya di Bagian Ketiga : "Karl May dan Kita" penulis menyajikan sejarah panjang penerbitan karya-karya Karl May di Indonesia sejak awal abad-20 hingga kini dan bagaimana karya-karya Karl May ternyata banyak memberi inspirasi bagi para tokoh-tokoh pejuang kemerdekaan kita.

Di bagian-bagian selanjutnya buku ini menyajikan juga berbagai bahasan menarik dan pernak-pernik dari dunia Karl May yang diperoleh penulis dari berbagai sumber cetak maupun dari dunia maya. Buku ini juga dilengkapi dengan empat buah Apendiks dimana dua buahnya berupa makalah ilmiah mengenai "Tema Logika Absurdi dalam Winnetou" dan sebuah ringkasan mengenai "Dissosiative Identy Disorder" (Kepribadian ganda) yang diderita oleh Karl May. Yang tak kalah pentingnya yaitu bagian Apendiks yang berisi daftar lengkap karya Karl May yang tentunya akan sangat bermanfaat bagi pecinta karya-karya Karl May.

Buku ini semakin menarik karena disajikan dengan gaya bahasa ringan yang dibumbui humor, dan diperkaya dengan lebih dari 50 buah foto. Yang pasti segala sesuatu yang menyangkut dunia Karl May bisa ditemui di buku ini. Tak berlebihan jika Seno GA dalam kata pengantarnya menyatakan bahwa buku ini bisa dikatakan sebuah buku pengantar memasuki Dunia Karl May yang nyaris ensiklopedis dan berguna!

@h_tanzil

No comments:

Post a Comment

 
ans!!