Friday 6 January 2006

Gurun & Praire I


Judul : Gurun & Prairie I - Kumpulan Cerita
Pengarang : Karl May
Penerbit : Pustaka Primatama,
Cetakan : I, Oktober 2004
Tebal : 106 halaman

Saat ini ranah bacaan fiksi bagi kalangan anak muda banyak didominasi oleh cerita-cerita fiksi modern yang menceritakan kehidupan anak muda yang gaul dan metropolis dengan berbagai permasalahan yang dihadapinya. Sedangkan untuk bacaan bertema petualangan dengan berbagai kisah menarik didalamnya sangat sukar untuk ditemukan.

Buku Gurun & Prairie I karya Karl May ini mencoba mengisi kelangkaan bacaan bertema petualangan ini. Karl May seorang pencerita yang sejak lama dikenal dengan seri novel-novel petualangannya yang telah menjadi klasik ( Seri Winnetou, Kara Ben Nemsi, dll) ternyata juga menulis berbagai cerita pendek dan novelette (novel pendek) yang pada masa hidupnya (1842-1912) tersebar diberbagai media cetak.

Buku ini berisi sebuah novel pendek "Kebakaran Minyak" yang berlatar belakang western yang menceritakan bagaimana Old Shatterhand seorang kulit putih yang berusaha mencegah aksi pembalasan dendam suku indian terhadap benteng Cass yang telah merampas harta benda milik suku asli Amerika itu. Selain itu terdapat pula 3 buah cerita pendek (Hamail, Phi-Pob, Inn-nu-who;Si Kepala Suku Indian). Cerpen Phi-pob menarik untuk dicatat bahwa cerpen ini berlatar belakang Burma (Myanmar), suatu negeri yang bagi pembaca karya Karl May agak asing karena karya-karya Karl May umumnya dikenal dengan setting wild west (Winnetou) dan Dunia Timur (Kara Ben Nemsi). Sedangkan untuk cerpennya yang berjudul Inn-nu-who yang ditulis pada tahun 1875 merupakan suatu karya yang bersejarah, karena inilah karya pertama Karl May, yang ditulis setelah dia keluar dari penjara. (hal 101). Cerpen ini juga dipercaya sebagai cikal bakal lahirnya tokoh Winnetou. Empat buah cerita yang tercantum di buku ini berasal d! ari berbagai media cetak yang terbit dalam kurun waktu 1875 - 1887 yang semuanya belum pernah diterjemahkan dan diterbitkan dalam bahasa Indonesia, sedangkan ilustrasi pada cerpen Hamail dan Phi-Pob diambil dari versi asli media Der Gute Kamerad - Jerman - di tahun 1887.

Melalui buku ini Karl May mengajak pembaca berpetualang menempuh Gurun dan Prairie. Dari Missouri hingga ke Burma, dari kebakaran ladang minyak hingga pencurian yang kocak. Selain ceritanya yang hidup dan menarik buku ini juga banyak mengandung unsur-unsur humanisme dan juga sarat dengan berbagai pesan moral yang secara halus bertebaran di setiap ceritanya. Tak salah jika Karl May disebut sebagai pencerita sejati dalam genre kisah petualangan.

@ h_tanzil

No comments:

Post a Comment

 
ans!!