Wednesday 11 January 2006

Dasar-dasar Meresensi Buku

Judul Buku : Dasar-Dasar Meresensi Buku
Penulis : Daniel Samad
Penerbit : Grasindo
Cetakan : I, 1997
Tebal : xi + 83
Harga : Rp. 10.000,-

Hampir semua surat kabar dan majalah selalu menyediakan kolom resensi setiap minggunya. Bagi para pecinta buku, kolom resensi merupakan kolom yang selalu dinanti-nanti dan dicermati untuk memperoleh informasi mengenai buku yang diresensi.

Resensi (bahasa Belanda , recensie) atau 'review' (bahasa Inggris) sendiri berasal dari kata Latin revidere dan resence, artinya melihat kembali,menimbang atau menilai. Di Indonesia, resensi sering juga diistilahkandengan timbangan buku, tinjauan buku, bedah buku, dll. Sedangkan menurutWebster Collegate Dictionary (1995), Review adalah 'a critical evaluation ofa book' karena itu pada hakikatnya resensi haruslah menjelaskan apa adanya suatu buku: kelebihan dan kekurangan buku itu. Jadi resensi bukanlah tulisanyang "menjual" buku. Tidak ada pesan sponsor bagi resensi buku; karena ituresensi yang baik hanya mengungkapkan apa yang dibaca oleh peresensi secara kritis.

Bagaimana membuat resensi sesuai dengan definisi resensi diatas? Buku karyawartawan senior Daniel Samad ini menyajikan tips-tips mendasar dan praktisbagaimana meresensi sebuah buku. Buku ini dibagi menjadi 5 buah ab yangdisusun secara sistimatis, dimulai dari Pengertian Resensi, MembuatPembukaan, Cara merumuskan Tubuh Resensi, Mengakhiri Resensi dan MeresensiBuku Sastra. Pada bab Membuat Pembukaan (bab 2) hingga bab MengakhiriResensi (bab 4) penulis buku ini selalu memberikan contoh-contoh paragrafresensi yang diambil dari berbagai resensi yang pernah dimuat di media masa.Tentu saja hal ini memudahkan pembaca buku ini dalam memahami danmempelajari teknik-teknik menulis resensi. Di bagian Mengakhiri Resensi (bab4) penulis juga memberikan berbagai tips bagaimana menyunting naskah,memotong kalimat, mempertimbangkan paragraf dan contoh bagaimana caramenulis surat pengantar untuk redaksi media yang akan dikirimi resensi..Jika bab 2 - 4 menyajikan teknik meresensi buku non fiksi maka di bagianterakhir buku ini terdapat bab khusus yang membahas Meresensi Buku Sastra(bab 5) yang mencakup bagaimana langkah-langkah mengapresiasi, bagaimanameresensi buku kumpulan puisi, novel dan kumpulan cerpen. Buku ini jugadilengkapi dengan lampiran alamat surat kabar dan majalah yang memuat kolomresensi.

Buku tipis ini (83 halaman) ini ditulis dengan gaya bahasa yang mudahdimengerti , praktis dan sistematis dalam mengurai bab-bab didalamnyasehingga membuat pembaca buku ini seolah sedang diajari secara langsung olehseorang peresensi handal. Dengan kepraktisan dan uraiannya yang baik bukuini bisa dibaca oleh siapa saja yang berniat untuk belajar meresensi sebuahbuku. Walau bukan buku baru (pertama kali diterbitkan pada tahun 1997),namun buku ini tetap relevan untuk tetap dibaca dan dipelajari , buku inipunsepertinya tidak sulit diperoleh di toko-toko buku besar hingga kini.

@h_tanzil

No comments:

Post a Comment

 
ans!!