Wednesday 18 April 2012

Tips 9 Tata Krama Bertamu Yang Santun

Bertamu merupakan fungsi sosial di masyarakat dan merupakan perwujudan daripada menjalin tali silaturohmi. Namun tidak bisa seseorang datang bertemu begitu saja ke ruamh orang yang dianggap dekat sekalipun. Ada hal-hal yang harus diperhatikan ketika Anda datang bertamu ke rumah seseorang. Berikut ini Tips 9 tata krama bertemu yang santun:

1. Beritahu Lebih Dahulu. Di kota besar seperti Jakarta, banyak penghuni rumah sibuk bekerja, ada baiknya memberitahu dahulu lewat telepon bila Anda ingin bertamu. Bagi orang yang dikunjungi, ini menjadi semacam pemberitahuan, dan dia akan merasa dihargai bila ditanya terlebih dahulu. Bisa saja pada waktu Anda datang, dia ada acara lain atau sedang tidak mau diganggu tamu. Bagi Anda, akan mendapat kepastian, apakah si penghuni ada di rumah dan siap untuk dikunjungi.

2. Tepat Waktu. Bila Anda berjanji datang jam sekian, usahakan tepat waktu. Ini akan memberi kesan yang baik kepada tuan rumah. Dan memudahkan tuan rumah mengatur waktu. Bisa saja ia punya kegiatan amat sangat padat, sehingga ketika menyetujui Anda datang pada waktu tertentu, hany itu waktu yang ia punya untuk Anda.

3. Tunggu Dipersilahkan. Bila ternyata tuan rumah yang Anda datangi pagarnya dalam keadaan terkunci, cari bel pintu dn tekan sekali sua kali, jangan berkali-kali. Bersabarlah sampai ada yang datang membukakan pintu. Kalaupun pintu rumah tidak terkunci, jangan sembarangan masuk, ketuklah atau bunyikan bel, dan masuk apabila sudah dipersilahkan.

4. Ucapkan Salam. Bila bertemu penghuni rumah, ucapkan salam disertai jabat erat tangannya. Sebagai penghormatan kepada pemilik rumah, sekaligus tanda Anda sudah datang. Begitu juga ketika Anda hendak pamit, ucapkan salam dan jabat tangan pula.

5. Ingat Waktu. Sedekat apapun Andan dengan penghuni rumah, namanya bertamu harus ingat waktu. Lain soal, bila Anda berniat menginap dan sudah disetujui penghuni rumah. Tapi bila hanya kunjungan biasa, jangan merasa terlalu santai...

www.facebook.com/pages/peterpan/124111641271 

No comments:

Post a Comment

 
ans!!