Thursday, 27 September 2012

Character Thrusday #1 Lee Duncan in Rin Tin Tin


Character Thrusday adalah sebuah meme blog yang  digagas blogger buku Fanda dimana  di tiap postingan dalam Character Thrusday akan dibahas karakter salah satu tokoh dari buku yang sedang atau telah kita baca. Untuk Character Thrusday #1  saya akan menuliskan sedikit tentang karakter tokoh  Lee Duncan, pemilik sekalligus pelatih aktor anjing paling terkenal sepanjang masa Rin Tin Tin yang saya peroleh dari buku yang sedang saya baca yaitu : Rin Tin Tin,  perjalanan Hidup Seekor Anjing pada Perang Dunia I 
by Susan Orlean, 

Lee Duncan adalah seorang tentara Amerika yang selama PD I bertugas di Prancis. Pada tahun 1918, Lee Duncan menemukan anak anjing terlantar di sebuah wilayah pertempuran Prancis. Duncan akhinya membawa anak anjing yang kelak diberi nama Rin Tin Tin itu pulang ke Amerika setelah perang usai. Duncan punya mimpi besar untuk Rin Tin Tin yang akhirnya berhasil ia wujudkan kelak.

Duncan sendiri terlahir dari keluarga miskin, setelah ayahnya meninggalkan ibunya, Duncan dititipkan di sebuah panti asuhan selama beberapa tahun. Hal ini membuat dirinya merasa tersisihkan dari keluarganya sendiri hingga akhirnya tiga tahun kemudian ibunya menjemputnya kembali.

Sedari kecil Lee Duncan menyukai binatang peliharaan, termasuk anjing. Karenanya ketika akhirnya menjadi tentara dan menemukan anak anjing terlantar di tengah reruntuhan sebuah kota di Prancis Duncan segera membawanya pulang. Singkat cerita Lee melatih Rin Tin Tin, dengan mimpinya ia mencoba mengetuk pintu para produser film di Hollywood agar Rin Tin Tin bisa mendapat peran dalam film.

Mimpi dan optimismenya bahwa Rin Tin Tin akan menjadi bintang film berbuahkan hasil hingga akhirnya Rin tin Tin menjadi aktor anjing pertama yang mendunia.

Lee Duncan sendiri begitu mencintai Rin Tin Tin, saking cintanya kehidupan pribadinya tercurahkan sepenuhnya untuk anjing kesayangannya itu. Kesamaan nasib antara Rin Tin Tin dan dirinya yang pernah terlantarkan rupanya membuat cintanya pada Rin Tin Tin demikian besar. 

Cintanya pada Rin Tin Tin membuat seluruh kehidupannya tercurah untuk anjing kesayangannya itu. Dalam memoar yang ditulisnya sendiri tak banyak diungkap tentang kehidupan pribadinya, dia hanya menuliskan tentang kehidupan di lokasi pembuatan film dan tur publitas dengan anjingnya. Beberapa wanita pernah mengisi kehidupannya namun Duncan jauh lebih sibuk dengan Rinty daripada dengan bagian kehidupannya yang lain

Ketika telah menikah dan Rin Tin Tin I telah meninggal Duncan tetap mencurahkan perhatiannya pada anjing-anjing keturuanan Rin Tin Tin. Ketika penulis buku ini mewawancari Carolyn, putri tunggalnya dengan pertanyaan "Apakah sebagai anak dirinya merasa tersaingi oleh anjing-anjingnya?" dengan tertawa Carolyn berkata "Tidak, tidak pernah ada persaingan. Anjing-anjing itu selalu didahulukan."

Sampai akhir hidupnya Lee Duncan adalah sosok yang misterius, sikapnya kadang tidak jelas dan terselubung oleh banyak impian akan Rin Tin Tin. Film yang paling ingin Lee Duncan buat adalah kisahnya sendiri, kisah tentang bagaimana dirinya keluar dari panti asuhan, ikut berperang, menemukan anak anjing, dan membuat anak anjing itu menjadi bintang. Itu bukan kesombongan melainkan semacam pengakuan, dan keingiinan ini selalu ada dalam pikirannya. 

Demikian sedikit tentang karakter Lee Duncan, karakter misterius yang selalu optimis dengan mimpinya, sayangnya untuk mengejar mimpinya itu ia terlalu fokus pada impiannya sehingga tanpa disadarinya Duncan hanya memberikan sedikit cinta bagi keluarganya dibanding kepada Rin Tin Tin yang adalah sahabat sejatinya sepanjang masa.





Rin Tin Tin, 
perjalanan Hidup Seekor Anjing pada Perang Dunia I 
by Susan Orlean, Ufuk Fiction Mei 2012, 564 hlm







@htanzil



No comments:

Post a Comment

 
ans!!