Thursday 8 November 2012

Startup Business with “Toko Online”

          Startup bussines bisa dimulai dari ide-ide simple yang intinya tidak beda jauh dengan bisnis yang konvensional. Banyak jalan untuk memulai startup bussines. Salah satu kuncinya adalah tetap focus pada satu jenis produk saja. Lebih baik bagus pada satu hal daripada bisa melakukan banyak tapi biasa-biasa saja. Ciri khas dari suatu produk juga bisa memacu perkembangan bisnis. Ini dikarenakan jauh lebih banyak startup dengan ide-ide unik yang berkembang dan sukses di pasaran.
              
             Disini akan dibahas salah satu ide startup yang buming beberapa tahun terakhir yaitu “Toko online”. Toko online merupakan konsep berdagang menggunakan internet dengan memanfaatkan fasilitas internet yang tersedia.  fasilitas-fasilitas yang biasa digunakan adalah website, blog ataupun jejaring social yang banyak penggunanya seperti Facebook atau pun twitter. Tujuan dari toko online ini untuk menjangkau pasar yang lebih luas daripada berdagang secara konvensional, ini dikarenakan pengguna internet sudah sangat banyak dan mengglobal. Selain itu, online shop juga tidak membutuhkan banyak modal seperti toko konvensional karena tidak perlu membangun toko sungguhan yang bisa menghabiskan dana puluhan bahkan ratusan juta..

            Cara membuka toko online  yang pertama adalah membuka tempat jualan di internet. yang paling banyak digunakan adalah website dan blog. website adalah fasilitas yang berbayar dan blog adalah fasilitas yang gratis. Dalam pembuatan toko online juga harus dengan mengunakan design yang menarik dan fitur-fitur yang lengkap agar para pengunjung yang akan membeli merasa nyaman dan yakin akan membeli produk di online shop.


Ini merupakan tampilan dari toko online

            Saat ini pembuatan  toko online sangat dipermudah dengan adanya penyedia jasa pembuatan toko online. Penyedia jasa tersebut juga sudah menyediakan paket- paket yang dibutuhkan toko online pada umumnya. Pemesan tinggal meminta fitur-fitur tambahan yang di inginkannya. Saat ini, harga toko online cukup terjangkau, bahkan bisa dibilang murah. Dibawah  ini merupakan beberapa fitur yang penting dan harus ada  pada toko online.

fasilitas pelayanan chating online ataupun layanan call center



alamat email, nomor telpon serta alamat lengkap yang dapat dihubungi para konsumen



kotak testimooni yang menampung pertanyaan konsumen serta komentar para pembeli yang telah  menerima produk pesanannya



fasilitas pembayaran dengan mencantumkan nomor rekening bank


Yang terakhir adalah banyak berdoa dan sabar. Jangan jadi penjual yang pasif. Gencarlah untuk mempromosikan toko online anda  lewat jejaring social seperti facebook dan twitter. Jangan lupa daftarkan  juga website tersebut pada SEO. Terima kasih.  

No comments:

Post a Comment

 
ans!!