Saturday 29 December 2007

Blog Entry 10 + 5 Buku Pilihanku


Ini dia 10 + 5 Buku-buku Pilihanku ,

1. Blindness – Jose Samarago
2. Bulan Jingga dalam Kepala – M. Fadjroel Rachman
3. Dong Mu – Jamal
4. Historian – Elizabet Kostova
5. Janda dari Jirah – Cok Sawitri
6. Middlesex – Jefrey Eugenides
7. My Name is Red – Orhan Pamuk
8. Out – Natsuo Kirino
9. Sintren – Dianing
10. The Professor and The Madman – Simon Winchester

Kesepuluh buku-buku tersebut diurut berdasarkan alfabet, jadi tidak mencerminkan urutan peringkat. Pemilihan kesepuluh buku ini tentu saja bukan berdasarkan nilai-nilai sastrawi ataupun lainnya melainkan hanya semata penilaian subyektif saya pribadi. Buku-buku mana yang membuat saya terkesan, menawarkan kebaruan tema, menambah wawasan berpikir saya, dan juga buku-buku yang membuat saya berseru O My God!, atau ini ‘buku ini hebat!’, atau ‘asik sekali membaca buku ini!’, atau ‘ ooo…begitu toh’, dll.

Bagaimana dengan buku-buku non fiksi ? Tahun ini saya jarang membaca buku non fiksi, namun dari sedikit yang saya baca saya memilih 5 buku yang paling berkesan menurut saya, yaitu :

1. Cherish Every Moment – Arvan Pradiansyah
2. Dinasti Yesus – James R Tabor
3. Instrumen orang Sukses – Ardian Syam
4. Menerbitkan Buku itu Gampang – Jonru
5. The Story of Christianity - Michael Collins & Mather A. Price

Kelima buku non fiksi tersebut membuka wawasan dan cara berpikir saya, salah satunya adalah buku kontroversi Dinasti Yesus, namun bukan berarti buku tersebut menggoyahkan iman saya akan keilahian Yesus, melainkan buku tersebut membuka wawasan saya akan Yesus yang disajikan secara sejarah dan deskripsi tentang zaman serta budaya yang menyertainya.

@h_tanzil

No comments:

Post a Comment

 
ans!!