Monday 16 July 2007

Menyelamatkan Pangeran Drakula

Judul : Penyelamatan Pangeran Drakula
(Rahasia Sifat dan Kepribadianmu berdasarkan golongan darah)
Penulis/ilustrator : Ku, Mi-Na
Penerjemah : Titie Wulansari
Re-desain : Irene Ang
Penerbit : PT. Bhuana Ilmu Populer (BIP)
Cetakan : 2007
Tebal : 193 hal



Seperti kita ketahui, darah manusia memiliki empat macam golongan darah, yaitu A, O, B dan AB. Biasanya keterangan golongan diperlukan ketika kita mengisi berbagai formulir seperti membuat SIM, mendaftarkan diri ke sekolah, mengisi formulir asuransi, ketika hendak dirawat di rumah sakit, atau saat mendonorkan darah kita. Sadarkah kita bahwa jenis golongan darah sebenarnya banyak sekali manfaatnya selain hal-hal yang
telah disebutkan tadi ?

Belum lama berselang sebuah penelitian mengungkap bahwa untuk menjaga kebugaran diperlukan diet makanan yang sesuai dengan golongan darahnya. Jadi tak semua makanan cocok untuk golongan darah tertentu. Beberapa buku yang membahas masalah ini telah terbit, salah satunya buku ensiklopedia yang belum lama diterbitkan oleh penerbit BIP yang berjudul “Eat Right for Your Type – Ensiklopedia Lengkap Diet Sehat Golongan Darah” - Dr. Peter J. D'Adamo & Catherine Whitney (BIP, 2007)

Namun ternyata, informasi mengenai golongan darah tak sekedar untuk mendonorkan darah, menerima transfusi darah atau menentukan jenis diet makanan untuk kebugaran tubuh. Sama seperti petunjuk yang diperoleh dari ilmu astrologi, golongan darah juga dapat menjadi petunjuk yang baik untuk mengetahui ciri-ciri dan sifat seseorang karena golongan darah membawa sifat, cara berpikir, dan perilaku yang berbeda-beda.

Sifat-sifat seseorang berdasarkan golongan darahnya kini dapat kita temui dalam buku komik terbitan BIP yang diberi label seri Educomics. Setelah menerbitkan edukomics “ 3 Menit Belajar Pengetahuan Umum “ yang terdiri dari 5 buah buku meliputi bintang, alam semesta, tokoh penemu, dll. Kini BIP menerbitkan judul lainnya yang diberi judul : Kyuli dan 4 Cewek Cantik Dalam Kisah : Penyelamatan Pangeran Drakula (Rahasia sifat dan kepribadianmu berdasarkan golongan darah).

Komik karya ilstrator Korea Ku, Mi-Na ini menceritakan kisah tentang Pangeran Drakula dan pembantunya, Franken yang berkunjung ke Korea pada tahun 1992. Karena mereka berdua tinggal di pegunungan Kayasan yang sunyi, Pangeran Drakula kesulitan mencari darah segar hingga akhirnya membunuh dan minum darah serigala.

Terbunuhnya serigala-serigala ini segera tercium oleh penduduk dan diberitakan di TV. Serigala-serigala yang mati tersebut meninggalkan tanda bekas hisapan di lehernya. Lambat laun tak hanya serigala yang mati, banyak binatang-binatang lain yang mati dengan ciri-ciri yang sama. Kejadian ini menimbukan kecurigaan pada seorang profesor peneliti drakula sehingga si profesor beserta adik perempuannya mencari keberadaan pangeran drakula di pegunungan Kayasan.

Ketika Pangeran Drakula bertemu dengan si professor dan adiknya, pangeran drakula langsung jatuh cinta pada adik si professor dan meminta agar ia mau menikah dengannya. Si profesor mengijinkannya karena ia beranggapan penelitiannya tentang drakula akan semakin mudah jika Pangeran drakula menikahi adiknya. Akhirnya Pangeran drakula dan adik si professor pun menikah.

Setahun kemudian pasangan manusia dan drakula ini memiliki seorang anak yang diberi nama Kyuli. Ketika Kyuli harus diimunisasi ke kota tinggallah pengeran drakula sendirian, dan kesempatan ini ia gunakan untuk tidur panjang dalam sebuah peti mati. Pada saat yang bersamaan, empat orang pemburu drakula melakukan pendakian ke Gunung Kayasan untuk memburu pangeran drakula. Setelah menemukan kediaman pangeran drakula dan menemukan peti dimana pangeran drakula tertidur, Mereka menyegel peti mati itu dengan keempat darah mereka yang masing-masing bergolongan darah O,A, B, dan AB. Dengan tersegelnya peti tersebut, maka pangeran drakula akan tertidur selamanya hingga seseorang membuka segel darah tersebut.

Satu-satunya cara untuk membuka segel darah tersebut yaitu dengan darah dari keempat putri pemburu drakula yang begolongan darah O, A, B, dan AB. Dua belas tahun kemudian, ketika Kyuli telah menginjak remaja. Takdir mempertemukan Kyuli dengan keempat putri pemburu drakula. Kebetulan mereka bersekolah di sekolah yang sama sehingga terbuka kesempatan bagi Kyuli untuk menyelamatkan ayahnya. Kyuli berniat mendekati keempat putri tersebut yang masing-masing bernama Olla (si golongan darah O), Amie ( si golongan darah A), Abel (si golongan darah AB), dan Bella (si golongan darah B).

Berhasilkah Kyuli menjalankan misinya untuk membebaskan ayahnya ? Pendekatan yang ia lakukan dengan keempat putri tersebut menumbuhkan rasa cinta dan persahabatan diantara mereka. Haruskah ia mengorbankan persahabatannya demi menyelamatkan ayahnya ?

Komik yang dibuat oleh komikus Korea Ku, Min-Na ini, seperti halnya educomics seri 3 menit belajar pengetahuan umum dibuat dengan gaya komik-komik Jepang (manga) dimana para tokoh-tokohnya digambarkan dengan mata yang bulat bersinar, hanya saja gambar para tokohnya tampak lebih nyata dibanding educomic sebelumnya.

Karena diperuntukkan bagi remaja, tentu saja sosok pangeran drakula dibuat dengan lucu dan manusiawi, belum lagi ditambah dengan hadirnya tokoh Franken, pembantu Pangeran Drakula yang tingkahnya seperti anak-anak, padahal umurnya sudah lebih dari 200 tahun. Franken lah yang kelak akan membimbing Kyuli dalam melakukan pendekatan pada keempat putri pemburu drakula.

Sisi menarik komik ini yaitu ketika Kyuli melakukan pe de ka te pada masing-masing putri, sebelum bertemu dengan masing-masing putri, Franken menyediakan minuman darah bergolongan darah O, A, B, dan AB kepada Kyuli yang masing-masing harus diminumnya satu persatu sebelum berkencan dengan masing-masing putri. Karena masing-masing golongan darah ternyata membawa sifat dan kepribadian mereka yang memilikinya, masalah akan timbul jika golongan darah yang diminum Kyuli tidak cocok dengan golongan darah putri yang ditemuinya. Misalnya ketika Kyuli minum darah golongan AB dan bertemu dengan Ola yang bergolongan darah B maka sesuai dengan sifat orang yang meiliki golongan darab AB, Kyuli menjadi sangat mandiri dan sangat tidak suka diganggu. Ia menjadi senang melakukan apa saja yang dia mau. Ini membuat Ola yang bergolongan darah B merasa tidak nyaman. Tapi jika Ola ikut campur maka Kyuli akan merasa dibatasi sehingga menimbulkan masalah.

Disinilah kelucuan-kelucaun akibat ketidakcocokan sifat dan kepribadian antara golongan darah timbul. Dengan karikatur yang colourfull dan kalimat-kalimat yang mudah dimnengerti maka pembaca buku ini akan dibimbing untuk mencari kecocokan dalam berteman sesuai dengan golongan darahnya.

Intinya, melalui komik ini kita akan mengetahui sifat kebaikan dan keburukan masing-masing orang sesuai dengan golongan darahnya, selain itu kita juga akan mengetahui segi pecintaan, gaya fesyen, cara diet terbaik, hadiah berdasarkan zodiak, dan golongan darah dan zodiak. Untuk membantu lebih memahami hal-hal di atas, dalam buku ini disediakan juga tabel yang disajikan secara menarik.

Tentunya diharapkan setelah kita membaca buku ini dan memiliki pengetahuan tentang golongan darah, kita bisa lebih mengetahui ciri-ciri dan sifat seseorang karena setiap golongan darah membawa sifat, cara berpikitr, dan perilaku yang berbeda-beda. Jadi kita bisa lebih memahami teman atau sahabat kita dengan lebih baik. Atau bukan tak mungkin kita bisa memberi saran kepada mereka tentang kelebihan dan kekurangan mereka, dan yang lebih seru lagi, buku ini bisa juga membantu kita dalam mencari pacar yang sesuai dengan golongan darah kita…hmmmmmm


@h_tanzil

No comments:

Post a Comment

 
ans!!