Saturday 10 December 2005

Asal-usul Perang Jawa, Pemberontakan Sepoy & Lukisan Raden Saleh



Asal-usul Perang Jawa
Pemberontakan Sepoy & Lukisan Raden Saleh.
Dr. Peter Carey, Lkis 2004

Perang Jawa (1825-1830) yang dikenal juga sebagai Perang Dipanegara, merupakan suatu peristiwa yang menentukan sejarah Pulau Jawa. Untuk pertama sekali pemerintahan Kolonial menghadapi suatu pemberontakan sosial, yang mencakup bagian terbesar Pulau Jawa. Bagi Pihak kolonial Belanda Perang Jawa dianggap sebagai perang yang mensahkan kedudukan mereka di Jawa. Sebaliknya, orang Indonesia memandang perang ini sebagai perlawanan besar yang terakhir seorang pangeran terhadap kekuasaan Belanda.

Buku karya Dr. Peter Carey seorang peneliti Sejarah Jawa dari Trinity College, Oxford ini dibagi menjadi 3 bagian yaitu : Asal Usul Perang Jawa, Pemberontakan Sepoy dan Lukisan Raden Saleh. Ketiga bagian ini memiliki benang merah yang sama yaitu membahas jejak-jejak perlawanan terhadap kolonialisme di Pulau Jawa

Buku ini bermanfaat bagi siapapun bukan saja ditujukan bagi para ahli sejarah profesional, tetapi juga bagi pembaca yang luas di Indonesia yang mungkin ingin mengetahui lebih banyak tentang Perang Jawa dan berbagai peristiwa pemberontakan terhadap kolonialisme di P. Jawa.

@h_tanzil
dimuat di djakarta magazine ed...

No comments:

Post a Comment

 
ans!!