Monday 14 November 2005

Sejarah Kecil “Petit Histoire” Indonesia


Sejarah Kecil "Petit Histoire" Indonesia
Rosihan Anwar, Kompas, Juni 2004

Membaca dan mengetahui sejarah tidaklah harus selalu melalui buku-buku teks sejarah resmi yang tebal dan membuat kening berkerut. Sejarah juga dapat dibaca melalui sumber-sumber sekunder dan melalui kisah-kisah kecil yang pernah terjadi dimasa lalu di berbagai tempat.

Buku ini ditulis oleh wartawan senior Rosihan Anwar, wartawan kawakan yang sejak masa mudanya hingga kini banyak bersinggungan dengan peristiwa-peristiwa sejarah penting di negara ini. Ia menulis beragam kisah sejarah kecil baik berdasarkan pengalaman pribadinya maupun berdasarkan sumber-sumber sekunder yang dia peroleh mengenai masa lampau Indonesia. Dalam buku ini Rosihan Anwar mengajak kita untuk melihat ‘sejarah kecil’ Indonesia seperti Kayu Cendana di . P. Timor, kudeta Nazi Jerman di P. Nias, lahirnya TNI, sahabat-sahabat Prof Snouck Hungronje, dan lain-lain.

Ditulis dengan bahasa yang mudah dimengerti, padat, ringkas, lugas, menarik dan bersifat human interest membuat buku ini menjadi menarik dan dapat dibaca oleh segala lapisan masyarakat, kendati isinya mungkin didinilai oleh sejahrawan akademisi hanya berbobot ringan.

No comments:

Post a Comment

 
ans!!