Wednesday 14 November 2012

Definisi wiraswasta, wirausaha & kewirausahaan



          Wiraswasta
                Adalah kemampuan untuk berdikari, otonom, berdaulat atau merdeka lahir dan batin (Ki Hajar Dewantoro, dalam Alma, 2003) 

          Wirausaha
                Adalah merupakan proses menciptakan sesuatu yang berbeda dengan mengabdikan seluruh waktu dan tenaganya disertai dengan menaggung resiko keuangan, kejiwaan, sosial, dan menerima balas jasa dlm bentuk uang dan kepuasan pribadinya (Hasrich dan Peters, 1995;6)

          Kewirausahaan
                Adalah proses menciptakan sesuatu yang lain dengan menggunakan waktu dan kegiatan disertai modal dan resiko serta menerima balas jasa dan kepuasan serta kebebasan pribadi (Alma, 2003)

 
       Hakekat kewirausahaan

          Kewirausahaan pada hakekatnya adalah sifat, ciri dan watak seseorang yang memiliki kemauan dalam mewujudkan gagasan inovatif ke dalam dunia nyata secara kreatif

          Secara efistimologis, kewirausahaan hakikatnya adalah suatu kemampuan dalam berpikir kreatif dan berperilaku inovatif yang dijadikan dasar, sumber daya, tenaga penggerak, tujuan, siasat, kiat dalam menghadapi tantangan hidup.

          Jiwa dan Rahasia Kewirausahaan

          Jiwa kewirausahaan ada pada setiap orang yang memiliki perilaku inovatif, kreatif, menyukai perubahan kemajuan dan tantangan.

          Rahasia kewirausahaan terletak pada kreatifitas dan inovasi


   Kewirausahaan sebagai tanggapan terhadap peluang usaha yang terungkap dalam seperangkat tindakan serta membuahkan hasil berupa organisasi usaha yang melembaga, produktif, dan inovatif.

          Howard H. Stevenson
   Kewirausahaan sebagai suatu pola tingkah laku manajerial terpadu dalam upaya pemanfaatan peluang-peluang yang tersedia tanpa mengabaikan sumber daya yang dimilikinya

          Peter F. Drucker
   Kewirausahaan sebagai pemanfaatan peluang dan pengalokasian sumber daya dari bidang-bidang yang memberi hasil rendah atau menurun ke bidang-bidang yang memberi hasil tinggi atau meningkat.

          Richard Cantillon
   Wirausaha adalah seseorang yang menanggung risiko.

          What Is an Entrepreneur?
                A person who creates a new business in the face of risk and uncertainty for the purpose of achieving profit and growth by identifying opportunities and assembling the necessary resources to capitalize on those opportunities. 

          Jose Carlos Jarillo-Mossi
   Wirausaha adalah seseorang yang merasakan adanya peluang, mengejar peluang-peluang yang sesuai dengan situasi dirinya, dan percaya bahwa kesuksesan merupakan suatu hal yang dapat dicapai.


No comments:

Post a Comment

 
ans!!